628999330505
[email protected]

Kontribusi WeShare - Divistant x UNY Dalam Menciptakan Future Leaders Melalui Program Scrum Project Management

Created by Malik Kurnia PP In News 15 October 2021

Minggu, 10 Oktober 2021 - Penyelenggaraan Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) “Scrum Project Management” telah selesai dilaksanakan. Program ini merupakan hasil kerjasama antara Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggandeng PT. Divistant dan Yayasan WeShare Pendidikan Indonesia.  

WeShare dan Divistant dalam rangkaian program tersebut diharapkan dapat menciptakan pemimpin di masa depan. Sebab dalam rangkaian program Scrum Project Management, peserta program belajar bagaimana caranya memanagement tim secara Agile,berkomunikasi yang efektif, dan membangun produk secara efisien.

Pradana Setialana berharap semua ilmu yang didapatkan dalam course KMMI Scrum Project Management memiliki manfaat secara langsung maupun tidak langsung. “Pastinya ilmu Scrum sendiri sangat bisa diaplikasikan ke dalam diri, organisasi, dan khususnya di dunia kerja” tambah Pradana. 


Pada acara puncaknya pada 10 Oktober 2021, program KMMI ditutup dengan pitching 20 produk finalis yang telah diseleksi sebelumnya. Pitching Product berfungsi sebagai ajang mengenalkan produk yang telah dibuat agar dapat dipresentasikan kepada khalayak umum. Terdapat berbagai macam jenis produk yang diangkat dari permasalahan dan keresahan anggota tim seperti Aplikasi Bank Sampah, Pemberdayaan Perempuan, Kesehatan, dll. 

Hasilnya dalam Pitching Final Produk tersebut diambil 3 terbaik. Juara pertama diraih oleh kelompok “SIBatu”, merupakan aplikasi dengan tujuan membantu proses belajar anak pada pendidikan dasar. Kemudian “Bank Sampah Buangin” meraih peringkat kedua, dimana aplikasi tersebut bertujuan untuk memberikan solusi efektif dalam sistem pengolahan sampah masyarakat. Juara Ketiga diraih oleh “GoodfooD”. Sebuah aplikasi layanan pesan antar makanan sehat. 



Berdasarkan website resminya, Program KMMI (Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia) menawarkan alternatif pembelajaran yang lebih dinamis, kompetitif, yang didorong oleh permintaan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang diperlukan dalam berbagai bidang keilmuan yang dibutuhkan industri dan atau kewirausahaan yang berupa penemuan ide, penciptaan produk atau jasa, model bisnis, pengelolaan bisnis, pemasaran, penjualan, investasi, hingga pengembangan bisnis mahasiswa.

Program KMMI memberikan sertifikat yang dapat diajukan ke perguruan tinggi untuk konversi SKS mata kuliah dan portofolio pada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) serta pengakuan lain yang sesuai dengan aturan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing. Program ini dapat berguna untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dan dunia kerja serta industri.

WeShare Menggerakan Orang untuk Berbagi

WeShare merupakan platform bagi para individu ataupun kelompok untuk saling berbagi pengetahuan, keterampilan, pengalaman, karya, dan sebagainya. Mereka menggunakan WeShare untuk bertemu orang-orang baru, mempelajari hal-hal baru, mencari dukungan, keluar dari zona nyaman, dan juga mengejar passionnya.

Comments (0)