628999330505
[email protected]

Tim Research Center Menjuarai LKTI Nasional RWRC #7 2020

Created by WeShare ID In News 20 September 2021

Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta kembali mengukir prestasi dengan meraih juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) Reality Writing Competition (RWrC) 2020 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Penelitian Reality FIP UNY belum lama ini. Pada acara yang bertema Inovasi dalam Bidang Pendidikan Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Menuju Indonesia Emas 2045 ini, tim dari FMIPA UNY yang terdiri Anissa Fitria (Kimia), Hestiana (Pendidikan IPA), dan Risma Nor Fadilla (Pendidikan Matematika) menampilkan inovasi yang berjudul “WESHARE” Knowledge Sharing Platform di Era Digital Guna Mewujudkan Society 5.0.

Ketua tim, Anissa menjelaskan, LKTIN ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Final lomba ini diselenggarakan secara online dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Pada kompetisi ini terpilih 10 Finalis yaitu dari Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Sebelas Maret.

“Pada kompetisi ini terdapat lima subtema diantaranya Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Teknologi dan Budaya. Kompetisi RWrC ini selalu diselenggarakan pada tiap tahunnya yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam bidang pendidikan untuk mewujudkan merdeka belajar menuju indonesia emas 2045, menampilkan inovasi suatu karya mahasiswa dan penelitian mereka melalui presentasi  dan demonstrasi produk”, lanjutnya.

Sementara itu Hestiana, mengungkapkan, team dari UNY ini mengangkat subtema Pendidikan sesuai dengan karya yang dihasilkan dan program yang telah dijalankan dengan mengangkat platform pendidikan bernama Weekend Sharing melalui budaya berbagi (sharing) pengetahuan kepada masyarakat dengan misi Together Empowerment. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan program Weekend Sharing sebagai platform berbagi pendidikan yang saling memberdayakan, menganalisis program WeShare dalam menerapkan konsep merdeka belajar, dan menerapkan konsep Society 5.0 melalui knowledge sharing platform di era digital saat ini.

“Weekend Sharing telah diimplementasikan di 9 wilayah di Indonesia melalui ‘weshare.or.id’ secara offline maupun online (Saat pandemi Covid-19) sebagai sarana bagi volunteer untuk membuat kegiatan sharing knowledge serta untuk peserta mendaftarkan diri dalam event yang telah dibuat oleh volunteer. Program ini disambut baik oleh masyarakat, terbukti dengan adanya lebih dari 45 kegiatan sharing knowledge dari berbagai bidang ilmu, diikuti oleh total 45 volunteer serta 200+ peserta dari berbagai kalangan”, jelasnya.

Hestiana menambahkan, program “Weekend Sharing” telah menjadi platform untuk mendukung merdeka belajar yang saling memberdayakan antar sesama untuk mewujudkan society 5.0. Hingga saat ini program Weekend Sharing pun masih terus berjalan walaupun di era pandemi sehingga harapannya kedepan dengan program ini akan terus membawa kebermanfaatan bagi masyarakat luas dan tidak berhenti hanya pada lomba ini saja, lebih lengkap terkait program ini dapat dicek di website weshare.or.id atau instagram weekend.sharing (hes/witono)

Sumber:

https://www.uny.ac.id/berita/mahasiswa-fmipa-uny-juara-1-lkti-nasional-rwrc-7-2020

https://ksimist.or.id/2020/09/24/melalui-karyanya-yang-berjudul-weshare-anggota-kelompok-ilmiah-mipa-saintis-ksi-mist-fmipa-uny-meraih-juara-1-dalam-reality-writing-competition-rwrc-2020/

Comments (0)